Entah ada angin apa gue di minggu yang cerah ini bersedia untuk mencuci motor yang sedang kotor didalam garasi yang tidak kotor. Dan entah ada petir apa hingga gue mau nulis tentang trik dan tips yang baru saja gue dapet waktu nyuci tu motor.
Seperti yang kita tahu motor ada 3 jenis. Pertama, yaitu motor matik yang tinggal maen gas aja. Kedua, motor bebek yang menggunakan 3-4 gigi masukan. Ketiga, yaitu motor cowok yang menggunakan kopling tangan yang sampek detik ini gue masih belum bisa pakeknya (gak nanya dim). Dan bahasan tips dan trik mencuci motor ala Dimas ini semoga bisa sedikit memberi info yang walaupun gak begitu penting tentang mencuci kendaraan roda 2 ini. Dan bahasan kita adalah mencuci motor matik dan motor bebek
Pertama gue bagi mencuci motor itu jadi 2. Yaitu Fast Wash dan Detail Wash. Fast Wash atau cuci cepat, mengandalkan pada cepatnya kita mencuci motor yang tingkat kebersihannya berbanding lurus dengan keadaan mood yang mencuci ini. Jadi Fast Wash ini sangat cocok bagi anda yang dikejar acara atau sesuatu yang mengharuskan motor anda bersih dalam waktu singkat yang tidak lama. Lalu Detail Wash, mengandalkan pada detil dan unggul dalam tingkat kebersihan namun harus dibayar dengan waktu yang sangat tidak sedikit dan didasari oleh ikatan cinta yang kuat dari anda kepada motor (kecintaan) anda.
Cara dan langkah langkahnya adalah sebagai berikut:
Siapkanlah motor anda yang sangat ingin anda cuci. Dan bagi anda yang gak punya motor, silakan pinjam kepada tetangga anda. Dan jangan lupa dengan sabun mandi si motor serta alat untuk membasuh seluruh jengkal badan si motor yang namanya canebo. Selain menyiapkan motor, anda juga harus mencari tempat yang pas untuk mencuci. Gak mungkin bangetkan anda mencuci motor dikamar mandi tetangga or WC umum, dan pastikan juga dekat dengan sumber air. Karena kalo jauh, ribet banget nyiramnya kalo harus bolak balik KM untuk ambil air.
Setelah motor, peralatan mandi (si motor), serta tempat yang strategis sudah ditentukan, basuhlah badan si motor dengan air secara menyeluruh. Namun jangan sekali kali menyiram bagian dalam knalpot. Karena waktu gue siram tu knalpot lewat lubangnya, motornya jadi gak bisa nyala waktu distarter dan bahkan kena semprot si bokap. Dan gue kagak ngerti kenapa itu terjadi.
Ramulah antara sabun dan air di baskom agar menimbulkan busa yang cukup banyak dan ramuan istimewa inilah yang akan kita sabunkan pada motor kita.
Lha disinilah letak perbedaan antara Fast Wash dengan Detail Wash. Jika Fast Wash, mulailah membasuh motor anda dari bagian atas, yaitu seperti jog tempat kita duduk serta alat kendali motor (baca: stir). Lalu terus kebawah kebagian mesin mesin dan roda. Dan karena Fast Wash sangat dipengaruhi oleh keadaan mood seseorang maka, bagian yang sulit seperti sela sela mesin dan roda ini akan menjadi bagian yang menjengkelkan dan sulit dijangkau sehingga itulah kenapa tingkat kebersihannya tidak dapat dipastika kualitasnya. Dan trik ini biasa gue pakek kalo bener bener terpaksa disuruh nyuci ama ortu and tu kartun lagi bagus banget. Karena yang gue cuci bagian atas dulu dan berbusa melimpah jadi kelihatan kalo kerja gue bagus and niat padahal bagian tu mesin masih kayak kapal pecah yang kena lumpur Lapindo karna saking kotornya. Efek sampingnya, ya kena semprot lagi deh klo ortunya teliti gtu -,-“.
Sedangkan Detail Wash dimulai dengan membasuh bagian bawah a.k.a bagian mesin dan roda yang paling sulit dibersihkan. Dan seperti yang gue sebutin tadi bahwa tipe Detail Wash biasa dilakukan berdasarkan ikatan cinta yang besar antara yang punya motor dengan motor itu sendiri. Atau itu karena pekerjaan anda sebagai pencuci motor itu sendiri agar tidak di complain oleh para pelanggan. Kenapa harus dari bawah dulu? Karena ketika kita mau memulai mencuci motor, tinggkat konsentrasi tertinggi adalah pada saat anda baru akan memulai mencuci itu. Jadi saat paling awallah yang paleng optimal karena anda sedang focus dan daya konsentrasi masih tinggi. Setelah itu semakin naik untuk mencuci bagian yang lebih mudah yaitu jog, stir, dan slebor (bahasa yang aneh karena saya nggak tau nama aslinya apaan, mohon dimaklumi)
Setelah seluruh badan motor tersabuni, silakan ambil air dulu untuk membilas motor anda (bila anda jauh dari sumber air). Kalo sudah tinggal dibilas dengan bersih hingga busanya hilang.
Terakhir, keringkan agar benar benar kering hingga tidak ada air setetespun dengan canebo. Tapi jangan bensinnya juga ikut dikeringin, capek kalo musti ke apotik buat beli tu bensin (abaikan).
NAH! Itulah tadi sekelumit tips ato yang bener tu Cara Mencuci Motor ala Gue (Dimas MADS) yang baruuu aja dapet “wangsit” cara mencucinya barusan -,-“.
Trima kasih telah membaca, ambil dari tulisan ini yang bagus yang nggak bagus gak usah diambil. Gue seneng banget kalo cara ini juga ampuh and bermanfaat bagi kalian temen temen nulis yang juga kesulitan serta keluhan dalam mencuci motor, karena asaya pun juga masih amatir, guys.
Well, C U, guys..
Salam tulis menulis….

Apaan sih kamu kaaaaaaaaakkk
tak kiro coment penting..
ya gapapa..
pengen kayak Raditya Dika. iseng iseng aja.. bermanfaat lho tapi :D
Benar semua kata2 lu coy,,,
Terbaikkkk
Menurut saya, persiapan paling penting saat akan mencuci sepeda motor adalah harus ada motornya dulu. Sebab kalau tak ada motor ya gak bakalan bisa cuci motor.
emang jamu mas... harus di racik dulu. hahaha....